Selasa, 03 Agustus 2010

Brokoli


Brokoli merupakan sayuran yang sangat ajaib. Brokoli adalah sumber antioksidan yang tinggi protein. Kandungan seratnya separuh dari roti gandum, tetapi kandungan kalorinya hanya sepersepuluh. Sayuran ini dapat membersihkan seluruh sistem pencernaan serta memurnikan dan menstimulasi hati, yang merupakan organ tubuh utama untuk detoksifikasi. Bila hati bekerja dengan kemampuan penuh, seluruh tubuh akan berfungsi lebih baik.
Brokoli mencegah tumpukan racun berbahaya di dalam sistem tubuh. Ketika beban racun dalam tubuh dikurangi, kulit secara nyata akan menjadi lebih baik. Tidak heran jika brokoli menjadi makanan kecantikan yang sempurna. Kandungan vitamin B2-nya baik untuk kulit, rambut, dan kuku. Vitamin B2 dan B5 bergabung di dalam brokoli untuk mengubah metabolisme lemak menjadi energi sehingga memberi Anda kekuatan. Cara memasak yang sesuai sangat penting untuk mempertahankan kadar gizinya. Merebus merupakan cara yang terbaik.

Kandungan :
Brokoli mengandung Kalori, protein, asam lemak omega 3, karbohidrat, lemak, kalsium, kalium, fosfor, zat besi, magnesium, vitamin A, vitamin B1 (thiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin), vitamin B5 (phantotenic acid), vitamin B6 (phyrodoxin), vitamin B9 (folat), vitamin C, vitamin E, vitamin K, Mangan, Serat, dan Triptofan. Jadi sudah sangat lengkap kandungan gizinya.

Manfaat :
1. Meningkatkan Daya Kerja Otak Peneliti dari Royal Pharmaceutical Society membuktikan bahwa brokoli mengandung senyawa yang mirip dengan obat-obatan penyakit Alzheimer. Alzheimer adalah bentuk dementia (berkurangnya ingatan) yang paling umum dijumpai di kalangan orang tua yang disebabkan oleh enzim acetylcholinesterase. Brokoli dianggap memiliki sifat anti-acetylcholinesterase paling kuat.

2. Brokoli mampu menurunkan kadar kolesterol jahat. Penelitian di Amerika menemukan bahwa sayur brokoli mengandung serat pektin tertentu yaitu kalsium pektat yang mampu mengikat asam empedu, akibatnya lebih banyak kolesterol yang tertahan di hati dan sedikit kolesterol yang dilepaskan ke aliran darah. Efektifitas sayuran ini dalam menurunkan kadar kolesterol jahat ternyata sama dengan obat penurun koleterol

3. Mengatur Tingkat Gula Darah
Kandungan chromium di dalam brokoli dapat mengatur tingkat gula darah sehingga brokoli sangat disarankan untuk dikonsumsi penderita diabetes.Menetralkan Zat Penyebab Kanker Sulforaphan, zat antioksidan pada brokoli dapat membantu tubuh menghilangkan atau menetralkan karsinogenik, zat penyebab kanker. Diketahui juga bahwa zat bekarotindi dalam brokoli mampu mencegah kanker usus besar dan payudara

4. Vitamin A dan vitamin C yang terkandung dalam brokoli bermanfaat sebagai antioksidan.
Mengonsumsi antioksidan dapat memperbaiki sistem kekebalan tubuh, menjaga tetap awet muda, menurunkan resiko penyakit jantung, diabetes, dan berbagai infeksi.

5. Brokoli juga bermanfaat dalam mencegah terjadinya gangguan jantung, stroke, berbagai jenis kanker yaitu kolon, prostat, paru, kandung kemih, payudara, rahim, leher rahim (serviks), esophagus, laring.

6. Brokoli dapat meningkatkan PH yang terlalu asam dalam tubuh
Hal ini akan membuat aktivitas hati menjadi lebih baik, jaringan menjadi elastik dan otot menjadi lentur, tulang menjadi lebih kuat. Ini berguna untuk proses peremajaan kulit dan tubuh karena menghasilkan elastisitas dan susunan tubuh yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

isi komentar anda disini